Minggu, 19 Juni 2011

Manfaat Sirsak

Banyak cara untuk menyembuhkan penyakit yang diderita..dari obat tradisional, obat di apotik, dari resep dokter...Berapapun biaya yang dikeluarkan untuk menyembuhkan penyakit tidak akan diperhitungkan lagi asalkan sembuh.
Sirsak adalah salah satu buah yang dapat digunakan untuk alternatif pencegahan beberapa penyakit, serta dapat digunakan untuk mengobati beberapa penyakit.
Sirsak dikenal dengan nangka londo, nangka buris atau dikenal dengan srikaya jawa. Buah dan daun sirsak banyak manfaatnya untuk pengobatan penyakit Ambeien, Kandung Kemih, Mencret, Bisul, Sakit pinggang dsb. Berikut beberapa cara mengolah sirsak untuk pengobatan :

Ambeien - buah sirsak yang sudah masak diperas, diambil airnya sebanyak 1 gelas lau diminum 2 kali sehari. Setiap pagi dan sore.

Kandung Air Seni - buah sirsak setengah masak, campur dengan gula dan garam secukupnya.Semua bahan dimasak dibuat kolak, dimakan biasa secara rutin. selama 1 minggu berturut - turut.

Bayi Mencret - buah sirsak yang sudah masak diperas dan disaring airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.

Anyang - anyangen - sirsak setengah masak, dikupas lalu direbus bersama gula secukupnya dan air sebanyak 2 gelas. Disaring dan diminum.

Sakit pinggang - 20 lembar daun sirsak direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 3 gelas. Diminum 1 kali sehari sebanyak 3/4 gelas.

Bisul - daun sirsak yang masih muda, ambil secukupnya ditumbuk halus, lalu ditambah 1/2 sendok air kemudian diaduk rata. Tempelkan pada bisul.
Sumber : iptek dan http://sehat.suaramerdeka.com/index.php?id=24


Sirsak juga bermanfaat untuk penyembuhan penyakit kanker. Sirsak dapat digunakan sebagai kemoterapi bahkan memiliki hasil yang lebih bagus dibanding kemoterapi sendiri. Karena sirsak hanya membunuh sel - sel yang tumbuh abnormal dan membiarkan sel yang tumbuh normal, sedangkan kemoterapi membunuh semua sel abnormal dan yang normal.

http://forum.vibizportal.com

Adapun cara untuk mengkonsumsi sirsak sebagai penyembuhan adalah dengan merebus 10 buah daun sirsak yang sudah tua dengan 3 gelas air, rebus terus hingga tersisa menjadi 1 gelas air. Minumkan kepada penderita sebanyak 2 kali sehari.
Sari buah (jus) sirsak di dalam sistem pencernaan akan meningkatkan selera makan. Kegunaan lain dari sari buah ini adalah untuk pengobatan pinggang pegal dan nyeri, penyakit wasir (ambeien), batu empedu, dan lain-lain. (Oleh: Prof. DR. Made Astawan, Ahli Teknologi Pangan dan Gizi/ http://kompas.com/ver1/Kesehatan/0608/15/161830.htm)

2 komentar:

  1. Assalam;
    Thanks! sudi singgah di blog saya..
    (^_^)

    BalasHapus
  2. waalaikum salam kay...sama-sama thanks juga

    BalasHapus